Dede Dudu Abdul Rahman (Guru Perintis)
Buku adalah pengusung peradaban, tanpa buku sejarah diam, sastra bungkam, sains lumpuh, pemikiran macet. Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia, mercusuar yang dipancangkan di samudera waktu. -- Barbara Tuchman, 1989.
Buku adalah pengusung peradaban, tanpa buku sejarah diam, sastra bungkam, sains lumpuh, pemikiran macet. Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia, mercusuar yang dipancangkan di samudera waktu. -- Barbara Tuchman, 1989.
Aktivitas membaca telah dilaksanakan di sekolah manapun, tetapi dengan pemahaman yang masih perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, kebijakan Permendikbud No. 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan Budi Pekerti perihal pembiasaan membaca buku 15 menit sebelum pembelajaran dimulai harus digelorakan agar menjadi budaya di lingkungan pendidikan.
Membaca dapat dilakukan dimana saja, taman sekolah, perpustakaan, depan kelas, dan sudut baca. Menciptakan lingkungan nyaman merupakan daya tarik bagi peserta didik untuk melakukan aktivitas membaca dengan tenang. Sekolah harus memfasilitasi dengan berbagai akses informasi yang lebih mudah dan dekat dengan peserta didik. Peran guru perintis sangat penting untuk mengimplementasikan program ini agar tidak berakhir pada wilayah wacana saja.
Diharapakan pembiasaan membaca buku selama 15 menit ini terbawa ke lingkungan rumah dan masyarakat peserta didik. Perlu pelibatan berbagai pihak untuk menjaga konsistensi peserta didik agar membaca dapat menjadi candu dalam kehidupan sehari-harinya.
Peserta didik harus dibiasakan berkunjung ke komunitas atau taman bacaan agar lebih mudah mendapatkan akses informasi dalam bentuk buku.
Guru-guru juga harus terbiasa membaca buku agar energinya terserap peserta didik sehingga lingkungan sekolah dapat menjadi lingkungan yang menumbuhkan peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Guru-guru juga harus terbiasa membaca buku agar energinya terserap peserta didik sehingga lingkungan sekolah dapat menjadi lingkungan yang menumbuhkan peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat.
No comments:
Post a Comment